Langsung ke konten utama

SEO (Search Engine Optimizer) ala Koperasi



Seiring dengan meningkatkan kebutuhan akan informasi yang aktual berbasis internet, maka banyak situs-situs maupun blog-blog yang dibangun untuk memberikan informasi kepada para pengunjungnya. Dalam membangun sebuah situs ataupun blog, sama halnya seperti membangun sebuah Koperasi ataupun bisnis lainnya, dimana kita harus dapat memberikan banyak informasi-informasi penting yang dibutuhkan seperti layaknya sebuah Koperasi atau waserda yang ada di lingkungan kita, semakin banyak barang dagangannya akan berpeluang besar pengunjung / pembeli datang ke Koperasi atau waserda tersebut. Pada tulisan ini saya menganalogikan Koperasi sebagai sebuah situs atau blog atau media yang menawarkan produk atau jasa di internet. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian Pasal 1 ayat 1 yang berbunyi Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip Koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. Berangkat dari bunyi pasal 1 ayat 1 dalam Undang-Undang 25 tahun 1992 dan sesuai dengan analogi saya tadi bahwa Situs, blog dianalogikan sebagai sebuah Koperasi maka sebuah situs atau blog harus memiliki anggota. Anggota dalam sebuah blog yaitu Follower, namun sayangnya dalam blog saya ini banyak pengunjungnya tapi anggotanya gak ada hehehehe.... biar pertemanan semakin mantap sudilah kiranya anda menjadi follower di blog saya ini :D ok lanjut..., nah menurut UU No. 25 tahun 1992 pasal 1 ayat 1 tadi tertulis bahwa Koperasi berdasar atas kekeluargaan. Penerapan azas kekeluargaan ini pada sebuah blog/ situs yaitu kita rajin mengunjungi blog-blog atau situs dari anggota/follower kita, dari sini akan meningkatkan jumlah pengunjung yang sekaligus akan menaikan ranking blog kita, semakin tinggi rangking blog/situs kita maka akan mengoptimalisasikan blog terhadap mesin pencari yaitu google/yahoo. Untuk melihat berapa besar Page rank kita bisa lewat PR Checker Penerapan prinsip kekeluargaan yang lainnya adalah blog atau situs kita sebaiknya ikut kedalam sebuah jejaring sosial yang dapat meningkatkan traffic. Traffic disini yaitu pengunjung, jadi jangan membuat blog atau situs ataupun koperasi tanpa ikut dalam sebuah komunitas-komunitas yang dapat memperkuat usaha kita. Punya koperasi tapi gak ada pengunjung atau pembelinya, pasti repot dong....., nah pada blog ini saya banyak mengikuti komunitas jejaring sosial yang dapat meningkatkan traffic. Pada blog saya ini, saya suka mengikuti komunitas di :

  •  Linkreferral (tenang saja..., saya tidak mencari referral loh, karena untuk mendapatkan komisi referall di situs ini kita harus upgrade dulu keanggotaan kita dan harus membayar US  $50 (serem...tapi kalau ada yang mau donasi yah silahkeeun hehehe...)     
  • Arena promo situs ini menawarkan Iklan Gratis baik itu blog ataupun produk yang anda tawarkan, dan yang menariknya jika anda mengajak teman anda untuk bergabung disini, konon anda akan mendapatkan komisi sebesar Rp. 50.000, silahkan ke TKP dan buktikan sendiri       
  • free web traffic  situs ini menawarkan traffic yang berlimpah namun perlu pemahaman khusus tentang cara bermainnya karena situs ini berbahasa Inggris, dan memiliki pola unik dan profesional dibanding situs lainnya, sayangnya situs ini sering sekali di maintenance oleh adminnya, jadi terkadang susah merekrut orang untuk bergabung disini.  
  • blogtopsites Dengan menjadi member di situs ini juga akan mengundang pengunjung untuk melihat blog kita, namun kita juga harus aktif mem follow blog/situs lain yang sudah menjadi member disana.
  • faceblog dengan menjadi member di situs tersebut dapat meningkatkan pengunjung lokal dari Indonesia dan kita bisa bertukar banner untuk memberikan efek back link terhadap blog/ situs kita.
    Dari ke-3 contoh komunitas diatas rajin-rajinlah log in disana dan kunjungi situs lainnya Coba rasakan dahsyatnya SEO ala Koperasi ini, anda akan banyak mendapatkan pengunjung yang lumayan dan rangking blog atau situs anda akan  meningkat, bukannya pamer loh.....blog ini baru berumur kurang dari 4 bulan, tapi sudah dapet Page Rank 2 dan rangking di alexa dari 25 juta-an sekarang sudah sampai 600 ribu-an dan rangking di Indonesia sudah mencapai 15ribu-an. Untuk mendapat tips-tips lainnya bookmark / subscribe blog ini dan apabila anda pemilik blog, saya membuka pintu sebesar-besarnya untuk bertukar banner / link disini. Jangan tunggu pembeli datang tapi mari kita jemput pembeli untuk datang.Terima kasih...Salam Koperasi.

    Komentar

    1. Betul banget bang..artikel yg smart,aku suka banget nih..sip bang.

      BalasHapus
    2. untuk mendapatkan cara SEO via GOOGLE coba view blog ane

      BalasHapus
    3. wah patut dicoba nih caranya. Thanks mastah sharenya. ^_^

      BalasHapus
    4. jalan jalan sambil baca entri menarik!..

      BalasHapus
    5. saya juga sekolah di koperasi wkwkwkwk

      BalasHapus
    6. @ Icah : Thanks sobat....
      @ Adie : Thanks juga atas komennya
      @ Yhonezz : beughh.....dah keduluan pertamax nya bro...hehehhe...

      BalasHapus
    7. wah2a...baru denger nih SEO ala Koperasi.... mantap kelihatannya paparan abang... semangat koperasi deh

      BalasHapus
    8. Pemberian contoh yang sederhana, saya suka gaya bahasanya nih. Makasih sudah berbagi tips ini sob.. salam kenal :)

      BalasHapus
    9. @ wage : thx kunjungannya gan
      @ arie : Salam kenal juga... pemberian contoh yg sederhana harus juga dipakai Bahasa yang sederhana sob, thx komennya yah.

      BalasHapus

    Posting Komentar

    Leave Your Messages

    Postingan populer dari blog ini

    BEASISWA S1 UNTUK ANGGOTA PENGURUS DAN PENGAWAS KOPERASI DARI KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM RI

    Anda ingin mengasah ilmu perkoperasian anda semakin lebih tajam ? kini saatnya anda dapat menikmati beasiswa dari Kementerian Koperasi dan UKM RI yang bekerjasama dengan Institut Koperasi Indonesia (IKOPIN) Jatinangor, Bandung Jawa Barat. Tahun ini Kementerian Koperasi dan UKM RI c.q Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia melaksanakan "Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Melalui Beasiswa Jenjang Pendidikan Strata Satu (S-1) Tahun 2015" bagi 100 orang peserta yang berasal dari unsur pengurus, pengawas, pengelola, karyawan, anggota koperasi serta UKM/UKM Potensial. Ini merupakan langkah nyata pemerintah untuk terus memberdayakan Koperasi dengan langkah strategis dimana Pemerintah ingin mencari koperasi-koperasi berkualitas dan UKM yang potensial agar dapat tercipta sumber daya manusia koperasi yang mampu mengembangkan usaha dan lembaga koperasi yang mereka kelola ke arah yang lebih baik lagi.  Jika anda ber

    LOGO BARU KOPERASI INDONESIA

    Menyambut "International Year of Cooperatives" Indonesia di Mataram, Nusa Tenggara Barat, 23-25 Mei 2012", Kementerian Koperasi dan UKM RI meluncurkan logo baru Koperasi Indonesia. Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Syarief Hasan mengatakan : lambang Koperasi Indonesia yang baru itu berbentuk gambar bunga yang memberi kesan perkembangan dan kemajuan koperasi di Indonesia. Gambar bunga itu mengandung makna Koperasi Indonesia selalu berkembang, cemerlang, berwawasan, variatif, inovatif sekaligus produktif dalam kegiatannya, serta berwawasan dan berorientasi pada keunggulan dan teknologi. Lambang Koperasi Indonesia yang baru itu didominasi oleh warna hijau pastel yang berwibawa dan menimbulkan kesan kalem. Bentuknya juga lain sama sekali dari yang sebelumnya yang berbentuk pohon beringin yang dikelilingi kapas dan padi, timbangan, bintang dalam perisai, gerigi roda, dan berwarna merah dan putih. Pada lambang baru, gambar bunga dengan empat kelop

    CARA MUDAH MENDAPATKAN BANTUAN SOSIAL UNTUK KOPERASI

    Bantuan sosial (BANSOS) bukanlah menjadi sebuah cita-cita dalam mendirikan dan menjalankan usaha Koperasi, namun masih banyak orang ataupun perseorangan yang berusaha mendirikan Koperasi hanya untuk mendapatkan program stimulasi yang diberikan oleh Pemerintah kepada Koperasi berupa bantuan sosial (bansos). Jika dilihat dari motifnya maka sudah dapat dipastikan bahwa Koperasi yang sengaja didirikan hanya untuk mendapatkan bantuan sosial akan berjalan di tempat dan perlahan demi perlahan akan mati seperti tumbuhan yang kekurangan air, lama kelamaan akan layu dan akhirya mati. Jika anda termasuk orang ataupun perseorangan yang memiliki Koperasi seperti ini, saran saya segeralah anda menutup halaman blog ini, berbenah diri, dan segera pula menutup Koperasi yang anda dirikan, karena anda adalah bagian dari orang-orang yang hanya merusak roh dan prinsip-prinsip koperasi. Akan tetapi jika anda adalah seorang pengurus Koperasi yang notabene diangkat sebagai pengurus sesuai dengan tata cara