Langsung ke konten utama

Globalisasi Ekonomi dan Koperasi

Tahun 1958 merupakan tahun bersejarah bagi Koperasi di Indonesia, karena pada saat itu, Indonesia resmi menjadi anggota ICA (International Co-operatives Aliances). hal ini merupakan sebuah kehormatan besar bagi bangsa Indonesia khususnya gerakan Koperasi bahwa keberadaan mereka sudah diakui di mata Internasional dan seharusnya menjadi penyemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan usahanya. Namun sayangnya, Gerakan Koperasi di Indonesia hampir menutup mata bahwa mereka adalah bagian dari organisasi perkoperasian dunia.

Globalisasi perekonomian dunia saat ini yang cenderung berpengaruh terhadap perdagangan luar negeri yang bebas memberi kelonggaran untuk melakukan perdagangan di negara lain secara bebas, dengan kata lain perekonomian di negara-negara kecil dapat dikuasai oleh negara-negara yang lebih besar dan kuat dalam dukungan ekonominya, praktis secara logika yang besar akan menghancurkan yang kecil.

KSU TEKAD Ambon, Salah satu Koperasi yang diusulkan menjadi Koperasi Skala Besar, Koperasi ini mengembangkan usaha Simpan Pinjamnya hingga ke Kabupaten-kabupaten di Provinsi Maluku, dan mulai melakukan ekspansi usaha Travel yang cukup berkembang pesat.
Contoh sederhana dari Globalisasi adalah penggunaan alat Komunikasi seperti Handphone yang sepertinya sekarang bergeser menjadi sebuah kebutuhan utama bagi setiap individu. Masuknya berbagai Handphone dan alat Komunikasi canggih lainnya menjadi sebuah sinyal bagi kita  bahwa Globalisasi sudah mulai menjadi magnet yang bersifat tarik menarik sehingga magnet tersebut akan semakin membesar seiring berjalannya waktu dan menarik magnet-magnet kecil untuk bergabung didalamnya.

Mari kita aplikasikan globalisasi ini terhadap Koperasi, apa yang dapat kita bayangkan jika sebuah perusahaan retail besar masuk kedalam sebuak kota atau kabupaten yang perekonomian masyarakatnya bergantung kepada Waserda-Waserda yang ada di daerah tersebut, dan bayangkan lagi apabila perusahaan modal ventura besar masuk juga kedalam area tersebut. Sudah barang tentu akan memberikan banyak argumen negatif, namun itulah resiko dari Globalisasi, apapun alasannya kita tidak bisa menolak kenyataan ini, namun kita harus terus berupaya bagaimana kita bisa tetap bertahan dan bisa memiliki kekuatan dalam menghadapi ancaman globalisasi ini.

Sebagai sebuah Lembaga Ekonomi yang tahan pada ancaman Krisis dan merupakan sebuah lembaga ekonomi yang dapat menyediakan lapangan pekerjaan (Silahkan baca pada LINK INI) Koperasi harus mampu melihat pengaruh-pengaruh yang akan timbul kedepan baik itu sisi negatif dan sisi positifnya, sudah selayaknya Koperasi semakin memperkuat kelembagaan maupun usaha nya dengan mencari alternatif-alternatif yang mampu memberikan nilai tambah bagi anggota nya, dengan kata lain setiap Gerakan Kop[erasi mampu mensinergikan semua unsur kekuatan eksternal maupun internal dengan berani maju dalam mengambil berbagai macam terobosan-terobosan baru, sebagai contoh yaitu dengan memberikan pinjaman dengan persyaratan yang mudah dan fleksibel maupun memberikan layanan purna jual pada proses penjualan barang maupun jasa seperti delivery order maupun hadiah-hadiah yang menarik, sehingga mindset dari anggota akan pentingnya dan mudahnya berkoperasi terus bertumbuh seiring berkembangnya zaman. 

Pemerintah dalam hal ini juga tidak menutup mata, bantuan-bantuan sosial maupun proses jaminan dalam memfasilitasi Kredit Usaha Rakyat semakin dipermudah dengan syarat-syarat yang dapat dilihat DISINI merupakan jalan bagi Koperasi dalam mengembangkan usahanya. Berbagai kebijakan-kebijakan penting pun dilahirkan demi majunya perekonomian Koperasi yang berbasis kerakyatan ini.
Jadi, marilah kita terus berjuang menyelematkan ekonomi bangsa dengan mulai sadar diri dalam berkoperasi.

Komentar

Posting Komentar

Leave Your Messages

Postingan populer dari blog ini

Award ke 2, ke 3 dan ke 4 - Gemaskop Maluku

Tiada hari seindah hari ini, hari ini ku persembahkan sekuntum cinta yang tertanam jauh di lubuk hati, tiada kesombongan karena amat nyata tiada kebanggaan,, itulah aku... insan hina nan terbuang jauh dari segala kehidupan, hati berserah harapkan karunia semata,,, dalam sepi ku temukan inti, inti sejati untuk hidup di bumi Ilahi, sedikit petikan kalimat yang ada pada profil sahabat ku yang paling cantik " PECINTA " dengan blog nya Ainun Bisnis , seorang blogger wanita dari NTB yang dalam blognya banyak menulis artikel tentang puisi dan bisnis. Penasaran dengan wanita ini, silahkan menuju ke TKP untuk melihat profil dan foto manisnya..... Terima kasih atas award yang sudah diberikan oleh Blog Pecinta kepada Gemaskop , mudah-mudahan kita bisa saling mencintai dan saling menyayangi hanya sebatas di dunia maya, karena kita pasti punya satu hati dan tak mungkin bisa dibagi kecuali kepepet hehehe....Sebagai penghargaan yang tinggi untuk Blogger wanita maka saya membagikan A

PENGERTIAN DAN ANALOGI SEDERHANA KOPERASI

Koperasi adalah sebuah bentuk organisasi yang berasal dari anggota, untuk anggota, jika dianalogikan secara sederhana Koperasi itu adalah sebuah lahan yang ditanami Pohon ataupun tumbuh-tumbuhan yang dapat menghasilkan buah, sedangkan anggota Koperasi itu adalah orang-orang ataupun badan hukum yang merawat pohon tersebut. Sebuah pohon akan menghasilkan buah yang manis dan lebat apabila orang-orang yang merawat pohon tersebut rajin menyiram, memberi pupuk maupun mencari cara agar pohon tersebut kuat dari serangan hama. Semakin baik kita merawat pohon tersebut tentunya harapan akan hasil ataupun buah nya akan semakin besar pula. Banyak orang berasumsi bahwa dalam membentuk sebuah Koperasi maka secara langsung mereka akan mendapat bantuan modal pengembangan usaha dari Pemerintah. Inilah hama yang terbesar dalam sebuah Koperasi, hal ini yang menyebabkan banyak Pohon-Pohon yang layu dan tidak berbuah, kenapa ? jawabannya sederhana saja, karena Pohon tersebut dibiarkan saja hingga m

SEO (Search Engine Optimizer) ala Koperasi

Seiring dengan meningkatkan kebutuhan akan informasi yang aktual berbasis internet, maka banyak situs-situs maupun blog-blog yang dibangun untuk memberikan informasi kepada para pengunjungnya. Dalam membangun sebuah situs ataupun blog, sama halnya seperti membangun sebuah Koperasi ataupun bisnis lainnya, dimana kita harus dapat memberikan banyak informasi-informasi penting yang dibutuhkan seperti layaknya sebuah Koperasi atau waserda yang ada di lingkungan kita, semakin banyak barang dagangannya akan berpeluang besar pengunjung / pembeli datang ke Koperasi atau waserda tersebut. Pada tulisan ini saya menganalogikan Koperasi sebagai sebuah situs atau blog atau media yang menawarkan produk atau jasa di internet. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian Pasal 1 ayat 1 yang berbunyi Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip Koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonom